Stadium General : Akselerasi Jabatan Akademik Dosen

Kamis, 23 Feb 2023 | 19:07:08 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Stadium General : Akselerasi Jabatan Akademik Dosen

Kamis, 25 Februari 2023, UIN Imam Bonjol Padang, melaksanakan  kegiatan Stadium General dalam rangka mengawali perkuliahan pada semester Genap tahun 2022/2023, atau dikenal dengan kode semester 2022-2. Stadium General merupakan serangkaian kegiatan yang mempunyai atmosfir akademik baik di Fakultas dan di Universitas. Terdapat beberapa kegiatan dosen tamu yang digabungkan dengan kegiatan stadium  General.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Abdul Mujib, MA yang berasal dari Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Narasumber  menguraikan secara singkat tentang tugas Tri Dhama Perguruan Tinggi Dosen, yang terdiri dari bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, penulisan dan penerbitan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penunjang Tri Dharma PT.  Menurut narasumber, bidang penelitian, penulisan dan penerbitan merupakan bidang yang lebih sulit, dimana tidak semua tugas dan fungsi tersebut terpenuhi secara keseluruhan.

Lebih lanjut narasumber memberikan penjelasan pada sisi Beban Kerja Dosen (BKD), disamping Tri Dhama Perguruan Tinggi Dosen, yaitu Kinerja bidang Pendidikan,  Kinerja bidang penelitian, Kinerja bidang Pengabdian Masyarakat, Kinerja penunjang lainnya, Kewajiban khusus lektor kepala dan profesor. Namun sekali lagi, menurut narasumber aspek yang mempunyai tingkat kesulitan lebih tinggi dan yang kurang terbiasa dilakukan adalah aspek penelitian yang berdampak pada outcome publikasi ilmiah yang terakreditasi dan bereputasi.

Narasumber memberikan semangat kepada semua dosen untuk membantu UIN Imam Bonjol Padang agar naik pangkat tepat waktu. Menurutnya, dosen yang tidak semangat naik pangkat  disebabkan karena berbagai hal, diantaranya karena mungkin merasa sudah memiliki finansial yang cukup. Diasumsikan dosen tersebut tidak mempunyai keinginan dan semangat untuk membantu kampusnya, merasa malas atau dalam bahasa arab kaslanun, dan merasa tidak ingin memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh.

Kegiatan ini menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Imam Bonjol Padang, Dr. Yasrul Huda, MA, merupakan wahana sesuai regulasi dalam rangka pembinaan Karier Dosen dalam jabatan fungsional,  terutama lektor kepala dan Guru Besar. Bukti bahwa kegiatan ini adalah regulasi adalah berdasarakan surat undangan nomor  B 390/Un.13/R/B.IV/PP.00.9/2/2023 dan disosialisaikan kepada seluruh Wakil Dekan bidang akademik di lingkungan Fakultas Se-UIN Imam Bonjol Padang.