Orientasi Persiapan Akreditasi Perguruan Tinggi

Senin, 27 Feb 2023 | 13:38:07 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Orientasi Persiapan Akreditasi Perguruan Tinggi

Senin, 27 Februari 2023, pihak Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Imam Bonjol Padang mengundang perwakilan setiap Fakultas di lingkungan UIN IB untuk menghadiri rapat Orientasi Persiapan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT). Selain tim LPM, hadir didalamnya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Yasrul Huda, M.A, Wakil-Wakil Dekan 1 serta beberapa dosen dan tendik Fakultas di lingkungan UIN Imam Bonjol. Rapat ini bertempat di Ruang Rapat Pimpinan di Gedung Rektorat Kampus III.

Dalam sambutannya, Dr Yasrul Huda, M.A, mengharapkan bahwa panitia yang dibentuk untuk APT ini akan menjalankan tanggungjawabnya dengan lebih baik, semangat, dan fokus untuk mencapai tujuan yaitu meningkatkan akreditasi UIN Imam Bonjol ini ke predikat Unggul. Lebih lanjut, beliau mengungkapkan bahwa dengan memiliki predikat Unggul, banyak manfaat yang akan diterima oleh setiap pihak di UIN Imam Bonjol; diantaranya adalah penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan atau Doktor Honoris Causa kepada tokoh yang dianggap telah memberikan jasa dan karya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia.

Wakil Dekan 1 FDIK memaparkan bahwa hal krusial yang harus segera dilaksanakan segera adalah pencarian data rekognisi dosen. Sementara untuk bidang lain seperti publikasi dan penelitian dosen bisa di akses di google scholar yang nanti akan dibantu oleh tim TIPD. Data-data yang dihimpun nanti akan berujung pada pemutakhiran data pencapaian yang dilakukan oleh dosen yang akan membantu mempermudah pengisian AMI (Audit Mutu Internal).

Melalui rapat yang diselenggarakan, diputuskan bahwa pembagian kerja akan diatur sedemikian rupa agar setiap penanggung jawab bisa memberikan kinerja yang optimal dalam upaya pencarian dan penyediaan data untuk kebutuhan akreditasi ini.