Hikmah Isra dan Miraj - Shalat yang berdampak dalam kehidupan
Seri Pengabdian Masyarakat oleh Dr. Wakidul Kohar, M.Ag

Senin, 20 Feb 2023 | 17:02:36 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Hikmah Isra dan Miraj - Shalat yang berdampak dalam kehidupan

Sabtu, 18 Februari 2023, Dekan FDIK, Dr. Wakidul Kohar, M.Ag diundang oleh Masjid Darul Jamil di Marapalam Indah untuk menyampaikan tausiah dalam rangka memperingati hari Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Tema tausiah yang dibawakan adalah Hikmah Isra dan Mi’raj : Shalat yang berdampak dalam kehidupan. Dalam tausiahnya, Dr. Wakidul Kohar, M.Ag tidak hanya menyampaian sekilas sejarah Isra dan Mi’raj dalam Al-Quran, tapi juga menyampaikan materi mengenai menjadikan shalat yang transformative.

Dalam menyampaikan sekilas sejarah Isra dan Mi’raj dimana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan untuk menjemput perintah shalat sebagai hadiah terindah umat Islam, Dr. Wakidul Kohar, M.Ag menyampaikan bahwa shalat merupakan cara untuk umat Islam senantiasa bisa berkomunikasi dengan sang Pencipta.  Shalat bukanlah suatu beban yang menyita kesibukan dunia, melainkan, suatu kebutuhan.

Selanjutnya, beliau mengatakan bahwa shalat yang berkualitas perlu diwujudkan agar manusia bisa memiliki hati yang tertata, kehidupan yang baik, bisa melihat Allah di Surga dan bertemu dengan Nabi. Kualitas dalam shalat adalah khusu’ dengan tiga ukuran yaitu Dzikrun (mengingat Allah), Qoribun (dekat dengan Allah) dan Roqibun (diawasi Allah). Lebih jauh beliau mengungkapkan bahwa bahwa shalat akan berdampak dalam kehidupan, jika shalat dapat berfungsi sebagai Dinamisator/kharakah dimana contohnya displin dampak dari ibadah shalat (jika ia bekerja tujuannya adalah untuk beribadah),   stabilisator/Istiqomah yaitu tidak stress, tidak mengeluh, sabar, berbuat baik  dan  istiqomah),  dan rehabilisator/Ishlah dimana senantiasa bertaubat, hati-hati dengan dosa, menjadi orang konsisten, agar pribadi menjadi lebih baik.

Semoga, dengan memperingati hari Isra dan Mi’raj ini kita bisa mengingat kembali perjuangan nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW, serta memperbaiki diri kita melalui ibadah shalat.