FDIK UIN Imam Bonjol Padang adakan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Mandiri

Senin, 29 Jun 2020 | 21:58:41 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


FDIK UIN Imam Bonjol Padang adakan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Mandiri

Padang, 29 Juni 2020 Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi mengadakan koordinasi dengan Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dalam rangka menindaklanjuti kerjasama. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang bekerjasama dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dan Dewan Pimpinan Wilayah Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Sumatera Barat akan menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Mandiri. Kegiatan ini sudah direncanakan semenjak awal tahun 2020 dan akan dilaksanakan pada awal Juni 2020 yang lalu. Akan tetapi disebabkan oleh pandemic virus corona sehingga kegiatan ini terundur tanggal 2 s/d 12 November 2020 mendatang.

Kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji secara regular sudah dilakukan sebanyak dua kali oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang bekerjasama dengan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Untuk menjadi pembimbing manasik haji yang berkualitas adalah yang sudah mampu membimbing calon jamaah dengan profesional. Maka, untuk mencapai hal tersebut, tanpa harus menunggu anggaran pemerintah untuk mengadakan kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji, Fakultas  Dakwah dan Ilmu Komunikasi mencoba menggagas kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji secara mandiri agar memenuhi kebutuhan pembimbing manasik haji yang profesional dan memiliki standarisasi yang berlaku.

Dr. H. Wakidul Kohar, M.Ag. Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi mngungkapkan bawa dengan adanya kerjasama ini, pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji secara mandiri ini akan terlaksana dengan baik, karena antara Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat sudah terjalin hubungan yang baik dan sudah melakukan beberapa kegiatan bersama.

Demikian juga H. Hendri, S.Ag. M.Pd. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat menegaskan kita sudah punya pengalaman dan sumber daya manusia yang memadai untuk melakukan kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji secara mandiri dengan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.  Kedua lembaga berharap semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses dan virus corona hilang dari muka bumi..aamiin. [usm]