Profil Salah Satu Dosen Jurusan Bimbingan Konseling Islam FDIK UIN IB

Jumat, 10 Feb 2023 | 11:17:18 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Profil Salah Satu Dosen Jurusan Bimbingan Konseling Islam FDIK UIN IB

Ibu Meri Susanti, M.Pd. adalah seorang dosen di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Berasal dari nagari Parambahan, Kecamatan Bukik Sundi, Kabupaten Solok, Wanita kelahiran 1978 ini mulai bergabung di kampus UIN Imam Bonjol (yang pada saat itu masih bernama IAIN Imam Bonjol) pada tahun 2009. Ibu Meri Susanti, M.Pd telah berkiprah selama 14 tahun sebagai dosen di jurusan Bimbingan Konseling Islam.

Beberapa Matakuliah yang pernah dan sampai sekarang beliau ampu meliputi Teknik Labor Konseling, Psikologi Abnormal, Konseling Lintas Budaya, Konseling Karir, Psikodiagnostik dalam Konseling, Psikologi Umum, dan Praktek Konseling. Beliau Memaparkan bahwa Bimbingan Konseling Islam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi calon Konseris (Konselor Rohani Islam) yang akan memberikan bantuan kepada klien yang membutuhkan bantuan dalam hal mengembangkan potensi diri dan memandirikan klien. Lebih jauh, beliau memberikan penjelasan terkait perbedaan layanan konseling Islam dan layanan konseling umum, dimana layanan konseling Islam menggunakan pendekatan agama yang berlandaskan Al Quran dan Hadis.

Selanjutnya, Ibu Meri Susanti, M.Pd. berpesan untuk mahasiswa FDIK UIN IB, terkhususnya untuk mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam:

“Ingatlah bahwa kalian semua adalah orang-orang yang istimewa dan terpilih yang menjadi tempat bertanya, menjadi panduan dan teladan bagi orang lain. Kalian semua adalah orang-orang yg memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi lebih baik dan membuat orang lain menjadi lebih baik.”