Rencana Aksi FDIK Tahun 2023

Kamis, 09 Feb 2023 | 14:32:37 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Rencana Aksi FDIK Tahun 2023

Kamis, 9 Februari 2023, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang  melaksanakan Rapat Koordinasi rencana aksi terkait dengan penyusunan program tahun 2023 berdasarkan surat undangan B.692/Un.13/FDIK/HM.00.9/02/2023.  Rapat dimulai dengan arahan  Dekan FDIK, dengan memberikan arah kebijakan strategi pencapaian program tahun 2023 yang mengacu pada indikator kinerja utama rektor UIN Imam Bonjol Padang. Dalam pengarahannya, Dekan FDIK, Wakidul kohar, memberikan motivasi bahwa pribadi yang diberikan kepemimpinan harus mampu menerapakan prinsip kejujuran, mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik, amanah dalam arti mempunyai komitmen dan bersikap konsisten, serta senantiasa meningkatkan kompentensi. Jika hal ini dijalankan, itu artinya pribadi tersebut telah menjalankan visi kepemimpinan Nabi SAW sebagai  inspirasi  dalam menjalan kegiatan Dakwah, dimana hari ini visi tersebut adalah pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya harus ada kejelasan mekanisme untuk menjalankan setiap program, seperti TOR, waktu pelaksanaan, SK, penanggung jawab, pagu anggaranya serta pembuatan laporannya.  Karena dalam perspektif audit kinerja dan audit keuangan, jika pekerjaan tidak ada dokumen laporan pelaksanaan dan laporan keuangan, maka hal itu dianggap sebagai kejahatan administrasi. Dalam kesempatan tersebut Kepala Tata Usaha Fakultas Dakwah, Arfita Yessie, memaparkan terkait tabel kegiatan tahun 2023, serta rencana strategi pencapaian serapan anggaran pada tahun 2023. Menurut  Kepala Tata Usaha  FDIK, semua serapan anggaran akan terlaksana jika semua unit penanggung jawab kegiatan menentukan waktu dan penanggung jawab kegaitan, serta terjalinnya koordinasi dan komunikasi dari setiap unsur penanggungjawab kegiatan, baik dalam bidang akademik, umum dan kemahasiswaan.

Dalam rapat tersebut juga dibahas tentang persiapan kegiatan sosialisasi untuk rekruitmen calon mahasiswa baru tahun 2023.  Hal ini terkait dengan target UIN Imam Bonjol Padang untuk menjaring calon mahasiswa baru sebanyak 7000 calon mahasiswa.  Maka  dalam persiapan kegiatan ini, FDIK harus menyusun rencana terkait teknis ke lokasi kunjungan pada setiap sekolah pada waktu yang tidak mengganggu proses belajar siswa. Selain itu persiapan konten yang menarik yang akan disajikan TIM  Sosialisasi ke setiap sekolah juga perlu dilakukan, agar calon mahasiswa tertarik untuk memilih FDIK UIN Imam Bonjol Padang, karena FDIK mampu menjajikan masa depan yang lebih baik dimasa yang akan datang.