Rapat Monitoring Perkuliahan dan Persiapan Borang Prodi MD

Rabu, 13 Mar 2019 | 11:53:27 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Rapat Monitoring Perkuliahan dan Persiapan Borang Prodi MD

Dalam rangka menyauti pemberitahuan BAN-PT Nomor 486/BAN-PT/LL/2019, tanggal 4 Maret 2019 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi mengadakan rapat persiapan Borang Akreditasi Program Studi Manajemen Dakwah dan rapat Monitoring Perkuliahan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang Tahun Ajaran 2018/2019.

Menurut data resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN–PT) yang merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, menunjukan bahwa jumlah perguruan tinggi negeri dan swasta berakreditasi A di Indonesia masih minim dan kurang. Dari sekitar 4.529 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, hanya 73 saja yang terakreditasi A. (Data Ban-PT per Agustus 2018) meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 50 perguruan tinggi yang mencapai akreditasi A.

Akreditasi sendiri menjadi tuntutan wajib dari pemerintah kepada perguruan tinggi. Tuntutan ini diatur dari UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 61. Dengan akreditasi ini, menjadi upaya pemerintah menjamin mutu suatu lembaga pendidikan oleh lembaga yang independen, disini BAN-PT. Angka akreditasi jadi bukti bahwa kegiatan pendidikan dan pengajaran sudah sesuai dengan standar jaminan mutu.

Berdasarkan Surat BAN-PT Nomor 486/BAN-PT/LL/2019, tentang pemberlakuan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 mulai tanggal 1 April 2019. Maka bagi perguruan tinggi yang sudah menyampaikan usulan akreditasi melalui SAPTO agar memperhatikan kelengkapan dokumen yang akan dikirim.