Rapat Koordinasi Persiapan KKN Tuah Sakato Ke-4 2023

Jumat, 03 Mar 2023 | 08:44:06 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Rapat Koordinasi Persiapan KKN Tuah Sakato Ke-4 2023

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tuah Sakato merupakan KKN terpadu yang terintegrasi dari berbagai Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta  yang ada di wilayah Sumatera Barat. KKN ini digagas dan dikordinir oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Provinsi Sumatera Barat bersama perguruan tinggi termasuk dengan UIN Imam Bonjol Padang.

Kamis, 2 maret 2023, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menghadiri undangan Kepala Dinas Pemberdayaan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Drs. Yurisman, M.Ag (Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat) dan didampingi oleh Nazirman, S.Ag. MA (Ketua Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam  FDIK UIN Imam Bonjol Padang sekaligus Badan Pelaksana KKN). Kegiatan rapat tersebut adalah dalam rangka persiapan KKN Terpadu Tuah Sakato yang Insyallah akan diselenggarakan di Kabupaten Pasaman Barat pada lima belas (15) Lokasi pada bulan Juli s/d Agustus 2023. Pihak penyelanggara dari DPMD melalui Kepala Dinas dan panitia pelaksana (Vera) menyatakan bahwa pemilihan waktu tersebut mempertimbangkan kalander akademik pada masing-masing perguruan tinggi.

Hasil pertemuan yang dihadiri oleh sebelas (11) utusan perguruan tinggi meliputi UNAND, UNP, UIN IB, UPERTIS, UNES, UTAMSIS, UMSB, U.Moh. Nasir B.Tinggi, UIN Syech M. J. Jambek B.Tinggi, UIN. M.Yunus Batu Sangkar dan ISI Padang Pajang adalah kesepakatan dan  komitmen akan mengikuti dan menyukseskan kegiatan KKN serta akan mengutus para peserta sesuai dengan kuota yang dibutuhkan. Tema KKN Terpadu Tuah Sakato tahun ini mengambil tema “Stunting” yang dipusatkan di Pasaman Barat. Kegiatan ini ditutup oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (Amasrul, SH) sekaligus penyerahan Piagam penghargaan dari Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat kepada masing-masing perguruan tinggi atas dharmabaktinya dalam membangun nagari melalui kolaborasi KKN Tuah Sakato tiga priode berjalan. Hal-hal bersifat teknis akan dibahas pada kegiatan rapat-rapat berikutnya.