Pembahasan Usulan Remonerasi atau Tarif Layanan BLU UIN IB Padang
Menyiapkan Pemimpin yang Berjiwa Enterpreneurship

Kamis, 23 Feb 2023 | 17:37:11 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Pembahasan Usulan Remonerasi atau Tarif Layanan BLU UIN IB Padang

Kamis, 23 Februari 2023, di Wisma Tugu Kementerian Agama, Bogor, dilaksanakan pembahasan usulan tarif Layanan BLU dua UIN, yaitu UIN Imam Bonjol Padang, dan UIN  Sunan Ampel Surabaya. Realisasi pendapatan UIN Imam Bonjol lebih cenderung mengandalkan UKT, belum pada aspek yang lain.

Maka solusi yang tepat untuk mengakomodir hal ini adalah dengan mengelola keuangan dari semua bidang pendapatan, untuk menggeser pendapatan UKT ke pendapatan non akademis, harus dari unit bisnis yang saat ini baru mencapai 2,5%. Maka perlu legesi seorang pimpinan yang mempunyai spirit enterpreneurship untuk lebih meningkatkan kesejahteraan  bagi semua warga UIN Imam Bonjol. Intinya apapun yang sudah dicapai, diperlukan semangat dari semua unsur untuk meningkatkan unit usaha dan unit kost.

Menurut Dr. Alfi Syukri Rama, MA, yang menarik kata pengantar kepala Biro Keuangan " berapa besar konsumsi yg bisa kita jual, berapa besar air yg bisa kita jual , berapa banyak baju wisuda yg bisa kita jual, berapa banyak jaket almamater yg bisa kita jual dan bla bla bla lainnya  " sangat sederhana sekali tapi susah untuk diimplementasikan.

Lebih lanjut, pimpinan unit Bisnis UIN IB, mengatakan telah memberi informasi kepada semua unsur untuk menjalankan unit bisnis, kesemua  Fakultas, namun belum ditindaklanjuti.  Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, telah merencanakan unit kost atau unit pendapatan dari bidang pengelolaan Miniatur Ka’bah, penyelengaraan kegiatan Sertifikasi Manasik Haji dan umrah.

Kegiatan di Wisma Tugu Kementerian Agama, Bogor akan berlangsung selama tiga hari, di hari kedua, pihak UIN akan mempertahan dan memberikan argumen dihadapan Tim Penguji, untuk kelayakan uji akademik usulan tarif layanan BLU di UIN Imam Bonjol Padang.