ONLINE RESEARCH SKILL
Bimbingan Penelusuran Online dan Pengelolaan Referensi

Selasa, 16 Apr 2019 | 12:00:28 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


ONLINE RESEARCH SKILL

UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang mengadakan Online Research Skill, Bimbingan Penelusuran Online dan Pengelolaan Referensi bagi Civitas Akademika UIN Imam Bonjol Padang. Kegiatan ini dilaksanakan dari 9 April 2019 s/d 30 April 2019 bertempat di Gedung UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang. Kegiatan ini bermanfaat bagi dosen maupun mahasiswa untuk meningkatkan kualitas artikel dan risetnya. Setiap riset dituntut untuk menunjukkan novelty (kebaruan) dan memberikan sumbangsih signifikan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. Sebelum mengklaim atas kebaruan risetnya, peneliti harus dapat menguasai dan mengakses berbagai riset sebelumnya (previous studies) secara sistematis dan komprehensif. Dengan upaya demikian, peneliti dapat menempatkan risetnya sebagai sambungan "mata rantai" penelitian sebelumnya dalam rangka mengembangkan, bukan mengulang atau menduplikasinya.

Saat ini, dalam environment yang serba terjejaring (networked) dan digital yang difasilitasi oleh kematangan teknologi informasi, komunikasi ilmiah (scholarly communication) mempunyai beragam infrastruktur dan saluran yang sangat mudah diakses. Pelatihan ini mengajak civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang untuk mengenali dan mengeksplorasi scholarly communication landscape baru yang memungkinkan jutaan hasil-hasil riset dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga riset terkemuka seluruh dunia dapat diakses dengan mudah.

Ribuan jurnal ilmiah beserta puluhan juta artikelnya, ditambah jutaan tesis dan disertasi, dan jutaan e-book dapat diakses dan dikoleksi dengan sangat mudah untuk membangun, mengembangkan dan memperkuat koleksi research library (perpustakaan riset).

Adapun materi workshop meliputi:

  • Menggunakan Zotero sebagai platform untuk membangun koleksi referensi riset
  • Menelusur e-journal, e-theses/e-dissertation, e-book sebagai sumber referensi riset
  • Mengelola kutipan (citation) dan rujukan (bibliography) dengan Zotero
  • Strategi memilih jurnal ilmiah internasional bereputasi sebagai saluran publikasi
  • Menelusur dan Mendownload Melalui GoogleBook