Menuju Pelatihan Pembekalan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris untuk Mahasiswa UIN IB Angkatan 2020

Rabu, 15 Feb 2023 | 12:28:11 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Menuju Pelatihan Pembekalan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris untuk Mahasiswa UIN IB Angkatan 2020

Selasa, 14 Februari 2023, UPT Pengembangan Bahasa UIN Imam Bonjol Padang yang di kepalai oleh Dr. Asrina, M.Ag., menyelenggarakan briefing atau bincang singkat terkait persiapan Pelatihan Pembekalan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang Angkatan 2020.

Dalam sambutannya, Dr. Asrina, M.Ag. memaparkan bahwa tujuan diselenggarakannya pelatihan ini tidak hanya untuk membangkitkan motivasi, mengasah serta meningkatkan kemampuan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris agar mencapai kualifikasi mahasiswa UIN Imam Bonjol, tapi juga sebagai prasyarat bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studi di UIN Imam Bonjol.

Pelatihan Pembekalan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ini adalah sebagai tindak lanjut atas penyelenggaraan Tes Kemampuan Dasar (TKD) Bahasa Arab dan Bahasa Inggris oleh UPT Pengembangan Bahasa, dimana nilai 70 pada TKD ditetapkan sebagai standar minimal kelulusan mahasiswa. Bagi mahasiswa yang mendapatkan nilai TKD dibawah 70, maka mereka harus mengikuti Pelatihan Pembekalan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ini.

Pelatihan Pembekalan Bahasa ini akan diselenggarakan di Kampus II dan Kampus III UIN Imam Bonjol dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Mahasiswa yang akan mengikuti pelatihan di Kampus II adalah yang berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dimana pelatihan pembekalan bahasanya dijadwalkan pada hari Senin sampai Jumat pukul 16.00 hingga 17.40. Selanjutnya Pelatihan untuk mahasiswa dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), dan Fakultas Syari’ah juga akan diselenggarakan di Kampus II dengan jadwal pada hari Sabtu dan Minggu pukul 07.30 hingga 13.40. Selanjutnya, mahasiswa yang akan mengikuti pelatihan di Kampus III adalah yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA), dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dengan jadwal pelatihan hari Senin hingga Jumat pukul 16.00 hingga 17.40.

Sekitar 40 dosen Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dilibatkan untuk menyukseskan kegiatan Universitas yang bersifat mandatori ini. Diharapkan, dengan diselenggarakannya pelatihan ini akan membawa banyak manfaat untuk mahasiswa UIN Imam Bonjol agar bisa meningkatkan kualitas Bahasa nya dan bisa bersaing di era globalisasi ini.