Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang Bangun Miniatur Dakwah

Jumat, 08 Mei 2020 | 11:39:20 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang Bangun Miniatur Dakwah

Padang, 4 Mei 2020 tepatnya 11 Ramadhan 1441 H, Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Dr. H. Wakidul Kohar, M.Ag. yang didampingi oleh beberapa pimpinan fakultas lainnya wakil dekan, kajur, sekjur, KTU, staf dan beberapa dosen melaksanakan pemancangan lokasi pembangunan miniatur ka’bah. Kegiatan ini merupakan serangkaian prosedur  dan tahapan realisasi pengadaan sarana dan prasarana di antaranya pembangunan miniatur ka’bah. Proses tersebut dimulai dari pengajuan anggaran, desain miniatur ka’bah oleh konsultan, kemudian dilanjutkan dengan presentasi dihadapan para pimpinan UIN, lelang pengerjaan bangunan, dan pemancangan lokasi, serta desain gambaran lapangan sebagai bentuk laporan ke rektor, dan selanjutnya  pembangunan miniatur ka’bah.

Miniatur ka’bah ini berlokasi antara Kantor Fakultas  Dakwah dan Ilmu Komunikasi dengan lokasi Asrama Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. Hadir dalam kegiatan pemancangan tersebut Drs. Bustari, MM  selaku Kepala Biro, sekaligus mewakili Rektor UIN Imam Bonjol Padang yang didampingi oleh Bapak Mardius, MM sebagai PPK.

Bapak Biro dalam komentarnya mengatakan kepada dekan  FDIK, Ketua Jurusan MD, serta dosen senior yang juga merupakan salah satu penggagas pembangunan miniatur Ka’bah, yaitu Drs, Japeri, MM,  “ Bahwa pembangunan Miniatur Ka’bah ini, merupakan ciri khas UIN Imam Bonjol Padang, dibandingkan dengan beberapa kampus di Sumatera Barat, maka kegunaan bangunan ini harus multi fungsi, selain untuk praktik manasik haji mahasiwa MD, juga untuk pelatihan manasik haji kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji, serta di ruang ka’bahnya dapat digunakan untuk pelatihan dan praktik tabligh bagi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, serta bisa dimanafaat sebagai sarana ibadah.