Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Menyongsong MB-KM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka)

Senin, 15 Agu 2022 | 11:56:32 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Menyongsong MB-KM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka)

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi menggelar acara Workshop Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada 10-12 Agustus 2022. Workshop Tersebut merupakan upaya FDIK untuk menyongsong MB-KM yang berorientasi pada pelaksanaan tridharma UIN Imam Bonjol. MB-KM merupakan jalan bagi dosen-dosen FDIK untuk merumuskan kurikulum yang sesuai dengan MB-KM dalam upaya menciptakan lulusan unggul dan berdaya saing di setiap prodi. Lulusan berdaya saing tersebut akan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan sosial, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kemajuan dunia usaha dan industri yang juga berkembang sangat pesat.

Hal senada disampaikan Iswandi selaku pemateri MB-KM dari UIN Sunan KalijagaYogyakarta yang sudah melaksana MB-KM.

" MB-KM bertujuan untuk membuka kesempatan belajar yang lebih luas bagi mahasiswa sehingga mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman belajar yang lebih kaya. Kondisi ini memungkinkan tercipta generasi yang unggul dan tangguh"

Dalam pelaksanaan workshop tersebut terdapat temuan yang menarik bahwa beberapa jurusan pada dasarnya telah lebih dulu melaksanakan beberapa bentuk MB-KM ini melalui KKN dan Praktek Lapangan misalnya telah ada mahasiswa yang telah melakukan praktek lapangan di Televisi, di Lembaga Pemasyarakatan, di rumah sakit, dan banyak tempat lainnya. Jika ditilik lebih mendalam ini merupakan bentuk dari MB-KM yang telah dilakukan sejak lama di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi 

Dalam kesempatan lain, Dekan Fakutas Dakwah dan Ilmu Komunikasi pun tidak lupa memberikan semangat kepada para dosen agar semangat dalam menyongsong MB-KM. 

"Dosen mestilah dinamis terhadap perkembangan zaman. Sebab perubahan tak bisa terelakkan. Marilah dosen FDIK untuk bersemangat menyongsong MB-KM dengan meningkatkan kompetensi diri sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing" pungkasnya. 

 

*Admin