Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Mandiri Ke-2

Senin, 13 Mar 2023 | 09:44:46 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Mandiri Ke-2

Minggu, 12 Maret 2023 telah diselenggarakan kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji tahun 2023, bertempat di Asrama haji Tabing Padang. Kegiatan ini diikuti oleh 44 peserta dari berbagai provinsi di pulau Sumatera Seperti Kepulauan Riau, Natuna, Bengkulu, dan Sumatera Barat. Kegiatan ini berhasil terselenggara berkat Kerjasama antara Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang dengan Kanwil Kemeterian Agama Provinsi Sumatera Barat dan Forum komunikasi Kelompok Pembimbing Haji Sumatera Barat.

Pembukaan kegiatan Sertifikasi ini dihadiri oleh para pejabat dari berbagai pihak terkait seperti Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang (Dr. Wakidul Kohar, M.Ag), Kepala kantor Wilayah kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat (Dr. H. Helmi, MM), Ketua Forum Komunikasi Kelompok Pembimbing Haji Sumatera Barat (H. Amora Lubis, S,Sos) dan Rektor UIN Imam Bonjol Padang (Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd) yang hadir secara daring. Ketua Pelaksana kegiatan ini adalah Drs. H. Efrizal, M.Pd.

Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para perserta di Ranah Minang. Kegitan sertifikasi ini merupakan amanah dari undang-undang dan FDIK melalui program Studi Managemen Dakwah ditunjuk oleh pemerintah sebagai pelaksana kegiatan sertifikasi pembimbing Manasik haji dan umrah. Wakidul Kohar menegaskan bahwa kegitan ini akan dibersamai oleh berbagai unsur seperti kementerian agama Pusat, kementerian wilayah, para asesor dan narasumber baik dari tingkat nasional maupun regional dan lokal.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat (Helmi) menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan kebijakan pemerintah yang mewajibkan para pembimbing manasik pada KBIH untuk mengantongi sertifikat sebagai pembimbing. Pembimbing yang akan melaksanakan pembimbingan adalah mereka yang sudah dinyatakan lulus pada sertifikasi. Selanjutnya pemerintah akan memprioritaskan pembimbing haji dan umrah Wanita, melihat dan mencermati bahwa jamaah yang dominan mengikuti kegiatan haji dan umrah didominasi oleh kaum perempuan. Kakanwil kemenag mengharapkan agar peserta serius mengikuti kegiatan sertifikasi.

Ketua Forum Komunikasi Kelompok Pembimbing Haji Sumatera Barat (Amora Lubis) dalam sambutannya mengharapkan kepada peserta untuk ikhlas dan sungguh-sungguh dalam mengikuti rangkaian proses sertifikasi pembimbing manasik haji. Amora menganalogikan hal ini dengan seorang pekerja yang membagun rumah dalam waktu yang sangat singkat. Namun, ia tidak mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk pembangunan rumah tersebut. Ternyata sang pemilik rumah bermaksud untuk menghadiahkan rumah yang sedang dibangun tersebut untuk sang pekerja. Pada saat rumah sudah selesai, sang pemilik rumah mengatakan ”Dalam mengakhiri tugasmu sebagai pekerja di rumahku maka saya akan beri hadiah kepadamu yakni sebuah rumah yang telah kamu buat sendiri”. Betapa kecewa dan menyesalnya sang pekerja yang mengerjakan rumah tersebut dengan sembatangan dan asal jadi dalam waktu singkat, dimana ternyata rumah yang ia buat itu adalah untuk dirinya sendiri. Betapa menyesal sang pekerja ini, jika dia tahu bahwa rumah itu diberikan untuk dirinya, pasti ia akan membuatnya lebih sempurna. Inilah alasan betapa perlunya keseriusan dan kesungguhan para peserta dalam menyiapkan diri sebagai pembimbing karena kualitas bimbingan akan terbangun dan tercipta dari keseriusan dan kesungguhan dalam mengikuti kegiatan ini.

Rektor UIN Imam Bonjol Padang (Prof. Dr. Hj. Martin Kustati) melalui Zoom dari Jakarta mengucapkan selamat kepada para peserta yang ikut dalam kegiatan sertifikasi ini. Rektor juga mengupakan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada Kemeterian Agama melalui Dirjen haji Kemeterian Agama yang mempercayai Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi untuk meyelenggarakan kegiatan sertifikasi. Kegiatan ini tidak terlepas dari Kerjasama dari semua elemen atau unsur terkait termasuk Kakanwil kemeterian Agama dan Forum Komunikasi Kelompok Pembimbing Haji dan Umrah Sumatera barat.