Munaqasyah Skripsi Semester Ganjil 2022

Kamis, 02 Feb 2023 | 14:11:41 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Munaqasyah Skripsi Semester Ganjil 2022

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol sedang menyelenggarakan kegiatan Munaqasyah Skripsi Semester Ganjil 2022. Kegiatan ini telah mulai dilaksanakan dari tanggal 27 Januari 2023 dan akan berakhir pada 06 Februari 2023, bertempat di Gedung Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Kegiatan Munaqasyah Skripsi ini merupakan penilaian tahap akhir untuk menguji kemampuan akademik mahasiswa melalui persidangan karya ilmiah sebagai salah satu syarat penyelesaian studi dan memperoleh gelar sarjana.

Peserta Munaqasyah Skripsi berasal dari seluruh program studi yang ada di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi yaitu Manajemen Dakwah, Komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan Konseling Islam, dan Pengembangan Masyarakat Islam. Ketua panitia kegiatan, Dr. Nasril, M.Pd.I, memaparkan bahwa kegiatan Munaqasyah Skripsi semester ganjil ini diikuti oleh 184 mahasiswa yang telah menyelesaikan seluruh beban mata kuliah yang disyaratkan. Total 184 mahasiswa ini terdiri dari 49 mahasiswa berasal dari program studi Manajemen Dakwah, 58 mahasiswa dari program studi Komunikasi Penyiaran Islam, 37 mahasiswa dari program studi Bimbingan Konseling Islam, dan 40 mahasiswa dari program studi Pengembangan Masyarakat Islam.

Pada ujian Munaqasyah Skripsi, durasi waktu yang disediakan adalah 120 menit. Proses ujian dimulai dengan pembacaan Alquran oleh mahasiwa yang akan mengikuti ujian Munaqasyah selama 5 menit, lalu dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil penelitian dalam durasi maksimal 7 menit. Selanjutnya 4 penguji masing-masingnya diberikan waktu 20 menit untuk menguji skripsi mahasiswa.

Lebih jauh, Dr. Nasril, M.Pd.I memaparkan bahwa proses kegiatan Munaqasyah Skripsi Semester Ganjil 2022 telah berjalan dengan baik. Beliau juga berharap agar kualitas pelaksanaan kegiatan munaqasyah selanjutnya akan terus meningkat dan kualitas mutu alumni Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol menjadi semakin baik.