Mahasiswa FDIK Laksanakan PKL Karir di UPT Asrama Haji Padang

Selasa, 07 Mei 2024 | 16:38:36 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


PADANG ---  Sebanyak 10 orang mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang mendapat kesempatan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Karir di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Padang pada musim haji tahun ini. Mereka dipilih dari perwakilan Program Studi Manajemen Dakwah, Bimbingan Konseling, Komunikasi Penyiaran Islam dan Pemberdayaan Masyarakat Islam.

"Ini terobosan yang baik bagi kita di FDIK, seiring dibukanya Program Studi (Prodi) Manajemen Haji dan Umrah (MHU), tersedianya fasilitas manasik, semoga tahun depan bertambah jumlah mahasiswanya," ungkap Dekan FDIK, Dr. H. Wakidul Kohar, M.Ag, usai penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara UIN Imam Bonjol Padang dengan UPT Embarkasi Haji Padang, di kampus Sei. Bangek, Selasa (07/5). 

Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Padang, H. Afrizen, S.Ag., M.Pd., dalam sambutannya menyatakan kerja sama ini sangat membantu kelancaran musim haji 1445 H, yang akan berproses sejak 11 Mei 2024 ini. "Lebih dari itu, bagi UPT Asrama Haji tidak hanya mahasiswa PKL Karir namun perlu juga para dosen untuk membantu agar Lembaga yang kini sudah langsung di Bawah Dirjen Haji Kemenag R.I., dapat berkembang lebih cepat," ujar alumni Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang ini. 

Afrizen juga mengapresiasi kehadiran Prodi MHU di FDIK, bagian penting dari jaringan kerja bagi UPT Asrama Haji. "Kita melayani ribuan orang setiap tahun dengan tenaga yang masih terbatas. Pada musim haji, khususnya tentu butuh mitra kerja sama," ujarnya. Turut hadir Bersama Afrizen, Ketua Tim Kerjasama, H. M. Rifki, S.H. Ketua Tim Pelayanan, Drs. H. Syahrial Nadir, MA dan Tim Humas dan Kerjasama UPT Asrama Haji Embarkasi Padang.

Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. H. Martin Kustati,M.Pd, dalam sambutannya menyatakan agar MoU ini dijalani, tidak sekadar kertas kerja sama. "Saya sudah tahu, selama ini sudah berjalan kegiatan PKL mahasiswa di Asrama Haji, namun tidak boleh berhenti di situ, kepala UPT kapan perlu ditawarkan juga masuk kelas di Prodi MHU. Tahun ini sudah ada mahasiswanya. Di samping itu, untuk kebijakan-kebijakan strategis, UIN Padang juga siap membantu melakukan riset dan pengabdian," ujar Martin. 

Turut menyaksikan penandantangan MoU, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Yasrul Huda, Ph.D, Wakil Dekan Kemahasiswaan dan Kerja Sama FDIK, Dr. Abdullah Khusairi,MA, Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan FDIK, Dr. Hj. Nora Zulvienti,M.Pd, Kabag Kerja Sama UIN Imam Bonjol Padang, Mardius, MM.