Halal Bihalal FDIK 1444 H

Rabu, 03 Mei 2023 | 14:23:27 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Halal Bihalal FDIK 1444 H

Rabu, 3 Mei 2023, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi mengadakan acara Halal Bihalal di aula lantai 2 gedung FDIK. Acara ini dihadiri oleh Bpk Kepala Biro AUPK dan AAKK UIN Imam Bonjol Padang, Bapak H. Muhammad Fuad, S.Sos, M.Sc. dan  H. Hendri, S.Ag, M.Pd, selanjutnya juga dihadiri oleh para sesepuh dan guru, Dekan, Wakil Dekan 1, 2, dan 3, serta dosen dan staf di lingkungan FDIK. Acara halal bihalal ini juga sekaligus melaksanakan launching program Sekolah Mubaligh / Mikro Tablig, Purnabakti Bpk Dr. H. Abd. Rahman, M.A, dan Dr. H. Masrial, M.A., Perpisahan dengan ibu Dr. H. Ulfatmi, M.Ag, dan sosialisasi deteksi kanker sejak dini dari YSKI.

Dr. Zulkarnaini M.Ag, selaku sesepuh FDIK, menyempatkan untuk memberikan tausiyah dalam acara halal bihalal ini. Beliau berbagi banyak hal mengenai fenomena yang terjadi saat dan setelah Idul Fitri, terutama mengenai bagaimana cara memaknai ucapan "Mohon Maaf Lahir dan Batin". Menurut beliau, ucapan tersebut harus dibarengi dengan niat dan upaya seorang manusia memperbaiki diri nya dengan menyelesaikan masalah dan mengatur cara hidupnya dengan baik sesuai dengan ajaran Islam. Jadi, kalimat "Mohon Maaf Lahir dan Batin" bukan hanya sebatas formalitas saat bersalaman pada momen hari raya Idul Fitri, tapi juga ada esensi niat dan upaya untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Acara Halal Bihalal ini ditutup dengan doa oleh Bpk Drs. Efrizal, M.Pd, berfoto, dan makan bersama. Semoga momen kebersamaan ini akan terus berlanjut di kesempatan-kesempatan yang akan datang sehingga tali silaturahmi akan selalu terjali erat.