FDIK UIN Imam Bonjol Padang Ikuti Workshop Online Jurnal Bidang Ilmu Dakwah Bersama PPJID

Rabu, 29 Apr 2020 | 23:24:30 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


FDIK UIN Imam Bonjol Padang Ikuti Workshop Online Jurnal Bidang Ilmu Dakwah Bersama PPJID

Perkumpulan Pengelola Jurnal Ilmu Dakwah (PPJID) sukses melaksanakan Pendampingan Akreditasi Jurnal bidang Ilmu Dakwah secara online di tengah suasana pandemi karena  Covid-19 ini. Kegiatan dilakukan melalui Video Conference (V-Con) dengan menggunakan aplikasi zoom. Hari ini Sabtu, 25 April 2020 merupakan sesi ketiga dan terakhir dengan tema Pelatihan Penulisan Artikel untuk konferensi internasional terindeks Scopus sebagai narasumbernya Mohamad Irfan dari UIN Bandung dan peserta sebanyak 31 orang.

Para pengelola Jurnal Ilmu Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang aktif mengikuti kegiatan tersebut. Di antaranya: Usman, Pengelola Al Munir: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam; Nazirman, Pengelola Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam; Muhammad Fauzi, Pengelola Tathwir: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam; dan Novri Hardian, Pengelola Al Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, dan tidak ketinggalan dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Dr. H. Wakidul Kohar, M.Ag. yang sangat antusias mengikuti acara ini dari sesi pertama hingga terakhir.

Dalam pembahasan kali ini narasumber menjelaskan bagaimana mudah membuat artikel dan terindeks scopus. Salah satunya adalah dengan memadukan kajian keislaman dan teknologi. Beberapa contoh yang dikemukakan Mohamad Iran adalah Impelmentasi Algoritma Divide and Conquer pada Aplikasi Belajar Ilmu Tajwid, Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Buku Panduan Wudhu’ Berbasis Mobile Android, Klasifikasi Terjemahan Ayat Al Quran tentang Ilmu Sains Menggunakan Algoritma Decision Tree Berbasis Mobile.[usm:fdk]