FDIK Menyelenggarakan Sekolah Mubaligh via Program Mikro Tabligh Angkatan 1 dan 2

Selasa, 16 Mei 2023 | 16:41:29 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


FDIK Menyelenggarakan Sekolah Mubaligh via Program Mikro Tabligh Angkatan 1 dan 2

Fakultas dakwah dan ilmu komunikasi menyelenggarakan pelatihan mikro tabligh angkatan 1 dan 2 tertanggal 13-14 Mei dan 20-21 Mei 2023. Pelatihan mikro tabligh yang mengusung tema “Menciptakan Komunikator Agama, Berhikmah dalam Berdakwah”  merupakan bentuk kegiatan yang berkolaborasi dan bekerja sama antara FDIK dengan ikatan Alumni dakwah.

Atas kerja sama itu narasumber yang dihadirkan tidak hanya dari civitas akademika FDIK yakni, Prof. Dr. H. Salmadanis, MA (Guru Besar UIN IB), Dr. H. Wakidul Kohar, M.Ag (Dosen FDIK/Dekan FDIK), Nazirman, M.Ag (Dosen FDIK), Drs. H. Marhadi Efendi, M.Si (Dosen FDIK), dan Mardan Mahmuda (Dosen FDIK). Namun juga diambil dari alumni-alumni dakwah yang memang aktif bergerak di dunia mubaligh seperti Wahyuddin Luthfi Abdullah, M.Pd.I (Pendakwah, Dosen Universitas Baiturrahmah), dan Drs. Azwir Nasution, M.Pd (Ketua Alumni Dakwah UIN IB).

Materi-materi yang diberikan dalam pelatihan inipun beragam, mulai dari materi yang sifatnya teknis seperti materi Desain Naskah dakwah, sistematika penyampaian pesan, maupun materi yang sifatnya praktis seperti teknik penguasaan forum, tahsinul qiraah dan praktek dakwah. Tak hanya itu materi dakwah damai juga disampaikan dalam sekolah mubaligh kali ini. Materi ini dihadirkan sebagai bentuk respon dari FDIK, karena  konteks pendakwah diera kontemporer saat ini yang tidak sedikit dalam menyampaikan pesan dakwahnya lebih cenderung mengadu domba dan memecah belah umat. Maka dari itu diharapkan melalui pelatihan mikro tabligh yang umumnya diikuti oleh beragam mahasiswa/wi dari seluruh prodi FDIK, akan memberikan pencerahan dan pembekalan untuk menjadi mubaligh yang moderat, handal dan profesional.