Bahasa Adalah Kunci Untuk Membuka Jendela Dunia
Seri Pengabdian Masyarakat

Jumat, 24 Feb 2023 | 16:28:54 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Bahasa Adalah Kunci Untuk Membuka Jendela Dunia

Senin, 20 Februari 2023, salah satu dosen Bahasa Inggris, Sri Meiweni Basra, M.Pd, FDIK diundang oleh English Language Learning Consultant (salah satu kursus Bahasa Inggris di kota Padang) terkait kegiatan pendampingan pengajaran keterampilan Bahasa Inggris yang diselenggarakan di Perguruan Islam Ar-Risalah. Kegiatan ini berupa sebuah English Camp yang dilaksanakan dalam 6 (enam) hari berturut-turut untuk siswa putra dan putri MA Ar-Risalah. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 20 Februari 2023 dan akan berakhir pada 25 Februari 2023.

Kegiatan English Camp ini bertujuan untuk memotivasi sekaligus menambah kosa kata dan meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Ustadzah Martin Saleha, S.S atas nama Kepala Pengasuhan Putri Ar Risalah dalam sambutannya menyatakan bahwa bahasa adalah kebutuhan dan merupakan kunci menguasai suatu bangsa. Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa kegiatan English Camp yang secara rutin dilaksanakan di Ar Risalah ini menjadi salah satu stimulus agar siswa mencintai Bahasa.

Ibu Sri Meiweni Basra, M.Pd memaparkan beberapa kegiatan English Camp yang dilaksanakan di Ar Risalah. Beberapa kegiatannya yaitu mempelajari kalimat-kalimat yang biasa diucapkan di lingkungan sekolah dan di asrama dalam Bahasa Inggris, mempelajari pronunciation dengan media ular tangga, dan mempelajari kosa kata dengan permainan scrabble. Semua kegiatan tersebut dilakukan dalam kelompok dimana masing-masing kelompok berisikan 14 hingga 15 siswa. Lebih jauh beliau memaparkan tujuan pengelompokkan siswa ini adalah untuk membangun semangat kebersamaan dan team work.

Dengan adanya English Camp ini diharapkan siswa bisa mencintai, mengembangkan dan meningkatkan keterampilan berbahasa Inggrisnya untuk menghadapi tuntutan di era global seperti saat ini.