Asesmen Lapangan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Mendapat Apresiasi dari Asesor BAN-PT

Selasa, 18 Okt 2022 | 22:05:15 WIB - Oleh FDIK UINB Padang


Asesmen Lapangan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Mendapat Apresiasi dari Asesor BAN-PT

Tanggal 17 dan 18 Oktober 2022, menjadi hari yang mendebarkan bagi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi pada umumnya dan Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam khususnya. Dua hari tersebut, Program Studi PMI didatangi dua asesor BAN-PT secara daring untuk pelaksanaan Asesmen Lapangan penilaian akreditasi Program Studi PMI. 

Hari Pertama, berlangsung cukup mendebarkan karena dua asesor merupakan ahli di bidang Pengembangan Masyarakat Islam. Bapak Dr. Abdur Rozaki, M.Si (WR III UIN Sunan Kalijaga) merupakan ketua Perkumpulan Pengembangan Masyarakat Islam (P2MI) se-Indonesia. Selanjutnya, Ibu Dr. Rasyidah, M.Ag yang juga merupakan ahli dan pengurus P2MI. Tentu saja kedatangan dua asesor ahli dan berpengalaman ini membuat panitia berdebar, namun, tim Asesmen Lapangan Prodi PMI FDIK sedaya upaya berusaha menampilkan yang terbaik. Terlebih dalam pertemuan pertama tersebut, tim mendapatkan dukungan yang luar biasa dari pihak pimpinan Universitas. Ibu Prof. Dr. Martin Kustati, M.Si selaku Rektor UIN Imam Bonjol Padang dengan penuh semangat dan setia mendamping tim selama asesmen lapangan berlangsung sampai sesi hari pertama berakhir. Dalam kesempatan itu, beliau juga didampingi oleh Bapak Yasrul Huda, Ph.D (Wakil Rektor I) dan Bapak Dr. Wellhendri Azwar, M.Si (Wakil Rektor 3). Keberadaan Tim Pimpinan dalam proses asesmen lapangan tersebut, menambah energi dan semangat dalam menghadapi pertanyaan demi pertanyaan yang dilontarkan Asesor.

Hari kedua, merupakan hari yang menentukan, karena tim belajar dari hari sebelumnya agar hal-hal yang kurang di hari pertama bisa ditambal-sulam pada hari kedua. Sehingga, tim asesmen lapangan Prodi PMI  mempersiapkan data dukung yang akan ditampilkan pada sesi aset dan fasilitas program studi. Pada sesi dosen dan mahasiswa juga dipersiapkan dengan baik. ada tujuh orang mahasiswa yang terlibat dan kesemuanya menunjukkan tingkatan kulitas sumber daya mahasiswa PMI hari ini. terakhir pada sesi alumni, juga berlangsung luar biasa. Asesor berkomunikasi langsung dengan alumni yang sedang bekerja di lapangan sehingga asesor dapat melihat  sejauh mana Capain Profil Lulusan telah terpenuhi dengan baik. Hari kedua ditutup dengan sangat baik. Terimakasih kepada seluruh Tim Asesmen Lapangan Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam yag terlibat, semoga diperoleh hasil terbaik. 

 

Admin*